KENALI APA SAJA SIH DIGITAL MARKETING ITU?

Dalam berbisnis, kita akan selalu membutuhkan beberapa aspek penting dimulai rencana, operasional, sumber daya manusia, keuangan, dan pemasaran. Kali ini kita akan bahas di aspek pemasarannya saja, karena aspek ini pun menjadi salah satu yang paling penting agar bisnis kita bisa dikenal oleh banyak orang.

Marketin pun terdiri dari beberapa jenis dan kali ini kita akan bahas dari digital marketing.

Apasih digital marketing itu?

Digital marketing atau pemasaran secara digital bisa diartikan dengan upaya pemasaran yang dilakukan menggunakan perangkata internet dengan berbagai cara dan media digital, dimana kita bisa berkomunikasi langsung secara online dengan calon konsumen. Berbagai akses pemasaran pun ada banyak seperti blog, media sosial, dan website. Akses-akses tersebut lah sebagai media untuk berkomunikasi dengan konsumen.

Dengan digital marketing yang kamu lakukan bisa membuat calon konsumen agar tertarik dengan penawaran kamu, contohnya dengan membuat iklan, brosur online, email marketing dan lain-lain.

Orang yang melakukan pemasaran digital (digital marketers) ini harus punya gambaran yang jelas ketika ingin membuat pemasaran yang mendukung tujuan untuk penawaran. Biasanya digital marketers membuat pemasaran yang besar melalui media-media yang gratis maupun yang berbayar.

Contohnya, content marketer biasanya membuat postingan blog yang isinya ditujukan untuk mengajak. Lalu ada social media marketer biasanya membantu untuk mempromosikan postingan blog melalui akun media sosial. Kemudian ada email marketer yang bertujuan untuk mengirimkan beberapa penawaran untuk setiap konsumen.

Sekarang kita bahas yuk ada apa saja sih cara digital marketing yang sudah umum, mungkin diantara kalian ada yang belum tau? Simak dulu yuk

1.Konten Marketing

Konten Marketing bertujuan untuk membuat dan mempromosikan suatu produk atau jasa untuk menghasilkan brand awareness pada pelanggan.  Media yang digunakannya bisa berupa brosur online, artikel, postingan blog, infografis.

2.Pay Per Klik (PPC)

PPC ini merupakan metode untuk mengetahuin seberapa traffic web kamu dengan membayar setiap kliknya. PPC yang biasanya digunakan adalah Google AdWords dan biasanya terdapat slot teratas untuk pencarian Google dengan harga untuk sekali klik. Media yang biasa digunakan untuk PPC adalah Facebook Ads, Sponsor LinkedIn.

3.Search Engine  Optimization (SEO)

SEO merupakan proses untuk membuat situs kamu mendapat peringkat atau tempat yang lebih tinggi di setia halaman mesin pencari. Sehingga dengan begitu akan meningkatkan jumlah traffic tidak berbayar yang akan dirteruma oleh situs web kamu. media yang biasanya di gunakan untuk SEO meliputi infografis, Website dan Blogs.

4.Social Media Marketing

Sejatinya sosial media marketing bertujuan untuk me ingkatkan brand awareness sehingga menghasilkan prospek bisnis kamu. Sosial media yang bisa digunakan yaitu Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, Google+, dan LinkedIn.

5.Affiliate Marketing

AM ini merupaan jenis iklan dimana kamu bisa mempromosikan penawaran atau layanan orang lain di situs we kamu. Affiliate Marketing bisa menggunakan aplikasi seperti Hosting video ads di Youtube dan mengupload Link Affiliate.

6.Native Ads

Native Ads berisikan konten yang biasanya ditampilkan pada media bersama kontan yang tidak berbayar. Salah satunya disponsori olehh Buzzfedd, namun banyak orang yang masih ragu. Namun kalo iklan di facebook atau Instagram sudah pasti aman.

7.Email Marketing

Beberapa perusahaan yang menggunakan sistem website biasnya menggunakan email marketing untuk membuat promosi terhadap produknya serta menjadi penghubung antara penjual dan konsumen. Isi dari email bisa berupa promosi konten, potongan harga, ataupun acara. Dengan begitu otomatis akan mengarahkan konsumen untuk mengunjungi website tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *