SISI LAIN DARI DUNIA MARKETING

Marketing merupakan salah satu pekerjaan yang selalu berhubungan dengan target penjualan. Makanya banyak orang yang menghindar pekerjaan yang satu ini, banyak juga yang mengeluh apabila mendapat tekanan dari perusahaan karena tidak mencapai target. Dengan mencapai target yang diinginkan oleh perusahaan, biasanya mereka akan diberikan bonus, namun jika targetnya tidak tercapai, mereka tidak akan dapat bonus.

Seperti yang kita tahu, bekerja di dunia marketing itu memiliki penghasilan yang double. Posisi ini juga menjadi posisi yang sangat penting di perusahaan. Apalah arti perusahaan jika tanpa divisi marketing ini. Namun jika seseorang sudah nyaman dan kenal di dunia marketing, mereka cenderung enjoy dengan apa yang dilakukannya.

Jika kalian tahu, marketing bukan hanya target yang tinggi dan bonus yang di dapatkan. Tapi seseorang yang berkecimpung didunia marketing akan banyak tau berbagai hal dan biasanya bisa menghargai sebuah hidup. Mereka harus tau bagaimana cara mengontrol ego demi klien, mereka pun harus menekan kepentingan pribadi demi klien. Hal itu memang diharuskan untuk mewujudkan mimpi perusahaan dan mimpi klien. Seseorang yang bekerja di marketing harus bisa menjaga suasana perasahaan hati, tidak melihat apakah hati sedang tidak mood atau yang lainnya, tapi seorang marketing harus bisa melayani, menanggapi secara professional apa yang klien inginkan dan tetap harus bisa tersenyum.

Memang, berada di posisi marketing itu bukan suatu hal yang mudah, mereka harus bisa memutar otak bagaimana produknya bisa habis terjual dan strategi apa yang harus dilakukan, yang terpenting goals bisa tercapai sesuai dengan rencana. Jika pada pencapaian target gagal, mereka pun harus kreatif bagaimana cara lain yang harus dilakukan. Karena pemikiran setip klien akan selalu berbeda, ada yang ingin a, ada yang ingin b, nah seorang marketing inilah yang harus bisa mengendalikan nafsu agar klien pun senang.

Mereka juga pasti pernah merasakan yang namanya cape pada saat penjualannya belum mencapai target. Malah ada beberapa individu yang rela harus keluar dari perusahaan jika mereka tidak bisa memenuhi apa permintaan perusahaan. Namun biasanya Tuhan berkata lain, berkat doa dan usaha pasti Tuhan akan mengabulkan permintaannya dan pastinya Tuhan menyukai seseorang yang berusaha. Karena seperti yang kita tahu semua usaha dan doa tidak akan mengkhianati hasil.

Saat semuanya sudah berjalan lancar, mereka memiliki kepuasan tersendiri karena disisi lain ia bisa membantu perusahaan, tapi mereka pun bisa membantu mengabuli permintaan konsumennya. Karena pada dasarnya, marketing itu bukan hanya sebanyak apa barang itu terjaul tapi yang jelas sebanyak apa yang mereka bisa bantu kepada klien sehingga klien pun bisa tertarik.

Walaupun pekerjaan yang dilakukan tidak mudah dan berat karena ada tekanan dari perusahaan, tapi pekerjaan tersebut bisa menjadi ringan jika konsumen pun memiliki kepuasan terhadap produk yang ditawarkan. Hal lainnya yang bisa disyukuri oleh seorang marketing, dimana mereka bisa menghargai apa artinya hidup. Karena tidak ada pekerjaan yang tidak cape, cari uang susah, belum lagi kalau misalnya otak harus digunakan untuk lebih kreatif dan mengembangkan ide, belum lagi diprotes oleh klien atau mereka tidak puas terhadap pelayanan yang mereka berikan. Dengan semua proses tersebut, itulah yang akan membentuk kepribadian kamu menjadi lebih baik.

Itulah sisi lain pada dunia marketing yang belum banyak di ketahui oleh orang banyak, yang kita tahu mereka cuma menawarkan barang kepada konsumen dan membuatnya tertarik, padahal pekerjaan tidak cuma itu saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *