INSTAGRAM STORY BISA MENJADI STRATEGI DARI MARKETING

Instagram salah satu media sosial yang paling sering dipakai oleh masyarakat Indonesia, apalagi diseluruh dunia. Hampir kehidupan semua umat manusia bisa dilihat dari Instagram story yang di uploadnya. Tak hanya itu saja, Instagram pun sudah menjadi bagian dari kehidupan khususnya untuk public figure atau influencer.

Sebelum ada Instagram story ini, orang-orang masih menggunakan snapchat filter. Snapchat ini memang jarang digunakan namun sempat naik beberapa tahun lalu semenjak muncul filter-filter lucu untuk dipakai. Hal ini membuat Instagram berinovasi untuk membuat fitur seperti itu juga, dimana orang-orang bisa mengabadikan memori secara bebas.

Disaat kemuncul insta story ini membuat snpachat menjadi turun drastic dimana sampai-sampai semua pengguna snapchat berpindah ke Instagram. Awal kemunculan pun belum ada sebutan untuk selebgram, influencer, dan lain-lain. Nah seiring berjalannya waktu, semua pun muncul secara tiba-tiba dimana jika seseorang memiliki followers yang banyak bisa dikatakan sebagai influencer. Tentunya hal seperti ini gak dibiarkan begitu saja, dengna banyaknya followers bisa menjadi lapangan pekerjaan seseorang. Dengan begitu seseorang pun jadi mudah terkenal dan bisa menghasilkan uang.

Peluang seperti ini pun sering kali dijadikan sebagai promosi setiap online shop untuk mempromosikan lewat influencer yang memiliki pengikut ribuan. Apakah promosi lewat Instagram story bisa efektif dalam strategi marketing?

  1. Instagram memiliki lebih dari 200 juta user yang aktif, mau itu real account ataupun fake account. Dan hampir seluruh pengguna Instagram selalu menggunakan fitur insta story ini. Selain itu dengan adanya fitur seperti ini, membuat feed Instagram jarang di tengok. Instagram juga diklaim menjadi salah satu sosial media yang berkembang paling cepat setiap tahunnya. Karena jaman sekarang, saat buka aplikasi ini pasti yang pertama dilihat adalah insta story ketimbang feed, disisi lain sekarang feed Instagram pun muncul secara acak.
  2. Instagram story ini bisa memuat hingga 24 jam, sehingga apabila ada yang terlewat atau lupa untuk dibuka selama itu belum melebihi 24 jam, kamu masih bisa melihatnya. Para online shop pun banyak mengendorse public figure, karena sudah pasti story yang dibuat olehnya banyak dilihat oleh pengikutnya.
  3. Tak hanya pada fitur feed Instagram saja yang bisa menggunakan hastag, ternyata di insta story pun bisa loh. Dengan begitu insta story kamu bisa dicari oleh hastag yang berkaitan dengan hastag yang kamu buat. Jika hastag akurat dengan yang kamu buat, maka story kamu akan muncul paling atas atau menjadi top story, sehingga semakin mudah untuk dicari.
  4. Bila ada informasi mengenai produk atau event atau apapun lewat situs yang mengharuskan kamu keluar dari aplikasi, jangan khawatir. Karena untuk kamu yang memiliki followers lebih dari 10.000, kamu bisa menggunakan outbond link. Outbond link ini sangat berguna bagi kamu yang mager sehingga kamu cuma perlu untuk swipe up dan kamu bisa langsung tersambung kepada link tersebut tanpa keluar dari aplikasi.  Fitur inipun banyak digunakan oleh public figure untuk memudahkan followersnya.
  5. Terakhir, mungkin kamu yang memiliki olshop ingin sekali bisa bekerja sama atau mengendorse public firuge yang sangat terpercaya. Nah dengan adanya fitur seperti ini, kamu bisa membuat komunitas sehingga relasi akan bisnis pun semakin banyak dan luas. Karena setiap pembisnis yang melalui platform ini selalu ingin ada dampak atau hubungan timbal balik antara kerjasama itu. Dimana public figure dapat uang karena bekerja sama untuk promosi, disisi lain para pembisnis pun kebanjiran order karena banyaknya pengikut yang teracuni oleh public figure tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *