STRATEGI MARKETING IKEA MENJADI PERUSAHAAN YANG SUKSES

Sudah pernahkah kamu ke IKEA? Pasti semua tahu ya tentang perusahaan asal Swedia ini. IKEA didirikan Ingvar Kapard pada tahun 1942 yang merupakan perusahaan furniture terbesar di dunia.

Sehingga Kampard dinobatkan sebagai orang terkaya nomer 8 di dunia oleh Bloomberg Billionare Index. Kesuksesan yang telah ia peroleh itu dengan berjalannya IKEA selama tujuh dekade.

Strategi Marketing IKEA

Sampai saat ini, IKEA telah menjadi market leade global dalam pasar furniture. Walaupun sudah banyak di terpa dengan banyak kejadian, tapi menjadikan perusahaan ini semkain lebih kuat dan bangkit.

1.Strategi Produk

IKEA terkenal dengan penjualan produknya dengan harga yang lebih murah. Banyak yang mengatakan bahwa produk yang dihasilkannya itu murahan. Padahal studi dari suatu majalah berkata bahwa produk IKEA malah memiliki produk yang lebih unggul dibandingkan pesaingnya.

2.Menggunakan bahan baku yang berkualitas

Mereka menggunakan bahan baku yang berkualitas dengan harga yang tetep murah. Keuntungan margin pun sangat rendah, tetapi produknya bisa laku lebih banyak, sehingga keuntungan yang mereka dapat bisa menjadi lebih besar dari pesaingnya.

3.Efesiensi Ongkos Produksi

Dahulu, IKEA sempat di usir ke Polandia, namun dengan adanya pengusiran tersebut menjadi berkah bagi mereka. Pasalnya ongkos produksi di Polandia lebih murah dibanding di Swedia, sehingga efesiensi produk IKEA menjadi lebih baik dengan harga yang semakin murah.

4.Mengikuti Jaman

IKEA akan selalu berinovasi dalam menciptakan dan menjual produk yang sesuai dengan perkembangan jaman. IKEA menjual produk yang ramah lingkungan, unik, berkualitas namun dengan harga yang murah. Dengan itu, IKEA tidak akan kehilangan karakter dari sisi strategi produksinya.

Lalu apa sih yang membuat perusahaan ini semakin sukses?

Mereka menggunakan catalog marketing dengan sangat efektif guna meningkatkan penjualannya.

IKEA selalu mencatat identitas database pelanggan, mereka akan mensurvey dengan mengirimkan katalog berupa alamat , namun sekarang sudah menggunakan email marketing.

Selain itu strategi yang digunakan mereka adalah dengan bagaimana mereka menciptkan katalog yang lengkap dan kreatif. Katalognya membuat seakan-akan konsumen bisa merasakan langsung seperti membeli di toko.

Selain itu IKEA sering mengadakan promosi untuk semua produk agar semua segmen masyarakat dari semua kalangan bisa menggunakan produknya.

Dengan harga yang murah serta pemberian diskon merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk menarik konsumen. Dengan strategi ini akan membuat produknya lebih laku.

Lalu di IKEA sendiri terdapat kantin dengan aspek bisnis yang sama. Sehingga ketika konsumen sudah lelah berbelanja, mereka tidak harus mencari makan ke tempat yang jauh.

Selain itu mereka memberikan kopi, roti secara gratis, dengan strategi yang mereka buat ini akan membawa gairah konsumen yang penasaran dan datang ke toko mereka.

Kantin ini pun di desain menggunakan furniture mereka, ini juga menjadi salah satu contoh strategi marketing yang mereka gunakan

Dengan begitu kamu akan betah berlama-lama disana. Selain itu banyak spot barang bisa kamu jadikan sebagai objek foto.

Walaupun IKEA sangat luas, lelahmu tidak akan kerasa dengan produk-produk yang sangat lucu ditambah dengan kualitas yang baik dan harga yang murah.

Selain itu untuk kamu yang mempunyai anak, jangan khawatir karena IKEA sudah mentiapin tempat playground khusus anak-anak. Itualah beberapa strategi marketing IKEA dimulai dari produksi, distribusi dan strategi yang mereka gunakan sebagi kunci keberhasilan dan kesuksesan dari perusahaan tersebut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *