Strategi Sosial Media Marketing Untuk Pemula

Strategi Sosial Media Marketing Untuk Pemula

Sosial Media Marketing adalah penggunaan platform media sosial untuk terhubung dengan target pengunjung yang bertujuan membangun brand, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan traffic website. Hal tersebut dapat dilakukan dengan membagikan konten di media sosial, berinteraksi dengan pengunjung, dan beriklan. Strategi sosial media marketing untuk pemula bukan merupakan sebuah hal yang baru untuk sebagian kalian.

Mempromosikan suatu produk / jasa melalui platform media sosial ini dianggap sebagai cara yang efektif untuk menjangkau calon pelanggan dengan mudah. Karena pada tahun 2021 kemarin pengguna media sosial di Indonesia telah mencapai 170 juta orang, berdasarkan dari data Hootsuite (We are Social). agen sbobet Angka tersebut menunjukkan bahwa pengguna media sosial dapat menjadi pasar yang besar dalam bisnis.

Strategi Sosial Media Marketing Untuk Pemula

Banyak jenis konten slot online yang bisa diupload melalui sosial media, seperti konten untuk informasi umum, panduan, hingga penawaran produk. Sosial media marketing juga bisa dilakukan dengan gratis ataupun menggunakan iklan berbayar. Saat ini, Facebook masih menjadi platform media sosial yang paling populer. Dan, Whatsapp merupakan aplikasi berkirim pesan yang umum digunakan. Dengan mengetahui data ini, kalian bisa menerapkan upaya yang sesuai dengan strategi bisnis kalian.

Menetapkan Tujuan Dalam Penggunaan Media Sosial

Hal paling mendasar yang perlu kalian siapkan sejak awal sebelum memulai melancarkan berbagai promosi atau pemasaran online menggunakan sosial media  adalah menentukan tujuan. Apakah untuk promosi? Untuk melayani pelanggan? Atau mengarahkan pelanggan ke website https://www.wisatarumahjiwa.com/? Semua hal tersebut perlu ditentukan sebelum melakukan pemasaran di media sosial, agar nanti strategi yang kalian gunakan bisa sesuai dan mendukung pencapaian / target dari tujuan kalian.

Mengenali Audiens Bisnis

Mengetahui siapa audience bisnis kalian dan apa yang ingin mereka lihat di media sosial adalah kunci dari social media marketing. Hal ini sering kali menjebak para pebisnis pemula. Mereka belum bisa membedakan mana audience yang sesuai, dan mana yang sebenarnya tidak memiliki potensi bahkan memang bukan pasar dari produk yang mereka tawarkan. Dengan mengenali audiens, kamu bisa menentukan bentuk tindakan apa yang cocok untuk melakukan pemasaran di media sosial. Kalian dapat menggunakan konsep 5W + 1H untuk mempermudah menentukan siapa calon audiens kalian.

Menentukan Platform Sosial Media

Langkah selanjutnya yaitu menentukan platform media sosial yang akan kalian gunakan. Apakah itu Facebook, Instagram, Twitter, Youtube, atau media sosial lainnya. Selain itu, kalian bisa melakukan riset dengan https://www.jeannineswestlakevillage.com/ manfaat-perdagangan-internasional-untuk-suatu-negara terlebih dahulu mengenai kesesuaian antara media sosial yang akan digunakan dengan audience-mu. Misalnya berdasarkan usia dan jenis kelamin. Setelah kalian melakukan riset dan pendalaman. Kalian bisa melanjutkan untuk menentukan saluran sosial media kalian dan menyesuaikan dengan data audience kalian. Sebagai contoh, kalian memiliki targeting audience dengan rata-rata usia 25 tahun yang bekerja sebagai karyawan swasta, kemudian kalian memutuskan untuk menggunakan Instagram karena berdasarkan riset sosial media yang mereka gunakan adalah Instagram.

Nah, setelah penjelasan strategi sosial media marketing untuk pemula yang ada diatas kini giliran Anda semua untuk mempraktekkannya secara langsung untuk bisnis Anda. Siap mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published.